Antonius W A Swastedi – Perkusi
November 10, 2018
Dani Ramadhan – Cello
Agustus 7, 2018

Carmen

Opera merupakan karya seni tertinggi dalam literatur musik klasik, karena di dalamnya terdapat gabungan beberapa seni yaitu seni musik, sastra, drama dan seni rupa. Opera CARMEN karya Georges Bizet merupakan salah satu opera yang terpopuler dan terindah dari karya-karya opera lainnya. Pada tahun 2016 ini dalam rangka 20 tahun Batavia Madrigal Singers (BMS), Opera Carmen akan ditampilkan secara lengkap untuk pertama kalinya di Indonesia.

Opera CARMEN bercerita tentang betapa indah dan dramatisnya cinta, kisah yang selalu dekat dengan semua orang. Yang membuat pertunjukan opera ini sangat istimewa adalah persembahannya disesuaikan dengan audiens Indonesia, antara lain dengan hadirnya penutur cerita, Happy Salma, sehingga para penonton akan lebih menikmati karya ini. Pertunjukan ini akan diarahkan oleh Jos Groenier yang memang kerap menampilkan opera di banyak negara, sehingga proyek pertunjukan ini merupakan ajang yang sangat baik bagi seluruh penampil untuk menyerap pengalaman yang dibagikan oleh sutradara asal Belanda ini, sekaligus sajian indah yang membuktikan betapa musik sungguh merupakan bahasa universal dan wujud perdamaian.

Dengan melibatkan Taba Sanchabakhtiar, Sadat Effendy dan Iwan Hutapea masing-masing sebagai penata multimedia, suara dan cahaya, Opera CARMEN ini menjadi sajian yang semakin istimewa. Selain menampilkan para solois muda andalan Indonesia, yaitu Heny Janawati, Farman Purnama, Harland Hutabarat, Birgitta Sisca, Rainier Revireino, Hari Santosa, Fitri Muliati, Valentina Aman, Alvin Tobing dan Renno Krisna, opera ini juga melibatkan koor dalam jumlah besar. TRMS sudah sangat siap untuk kebutuhan ini, dengan Jakarta Concert Orchestra serta Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children’s Choir, dua paduan suara di bawah naungan TRMS dan sudah kerap mengharumkan nama Indonesia dengan memperoleh penghargaan tinggi di kompetisi paduan suara internasional.

Setelah berhasil menampilkan Opera Samson et Dalila karya Camille Saint-Saëns pada tahun 2006 serta dengan Opera CARMEN kali ini, TRMS berusaha meletakkan Jakarta pada posisi penting pertunjukan musik klasik di mata dunia.

16 - 17 April 2016

Ciputra Theater

Jl. Prof. Dr Satrio, Ciputra World, Jakarta

id_IDID
en_USEN id_IDID